Inilah 5 Tips menjaga ilmu

Posted by

Ilmu pengetahun merupakan sebuah keunggulan manusia dibandingkan makhluk hidup lainnya. Manusia bisa belajar dari alam sekitarnya, lalu disimpan dalam memori otak, dan jadilah ilmu pengetahuan. Namun sering kali ketika kita sudah belajar suatu ilmu, kita terlalu mudah melupakannya, padahal baru kemarin kita belajar. Lalu bagaiman tips-tips agar ilmu itu tetap bertahan di kepala kita? Berikut tips-tips yang saya peroleh dari seorang dosen dalam khotbahnya jum’atnya di sebuah masjid.

1.    shalat malam 2 raka’at.

Shalat malam atau dalam bahasa arab Qiyamul lail merupakan ibadah shalat yang dapat dikerjakan mulai setelah shalat isya, hingga sebelum adzan shalat shubuh berkumandang. Namun waktu utama untuk melakukan shalat ini ialah di sepertiga malam terakhir(sekitar jam 3 malam).
Shalat malam atau shalat Tahajud memiliki manfaat yang sangat besar bagi diri kita, bahkan sebuah hadist(Riwayat Bukhari) menyatakan bahwa orang yang shalat malam memiliki keistimewaan diantaranya, mereka mendengar dengan pendengaran Allah, melihat dengan penglihatan Allah, memukul atau bertindakan dengan tindakan Allah, melangkah dengan langkah Allah, permintaannya selalu dikabulkan dan dia selalu berada dalam lindungan Allah, jika ada orang yang memusuhinya maka Allah akan memaklumkan perang pada orang itu,  Orang yang seperti ini tentu saja hidupnya jadi mudah , selalu berkecukupan jauh dari penderitaan dan kesulitan hidup. Dengan manfaat-manfaat di atas maka ilmu yang kita peroleh akan senantiasa terjaga di kepala kita.

2.    Makan karena ingin sehat bukan karena nafsu

Makan adalah sebuah syarat mutlak agar makhluk hidup tetap bertahan hidup. Setiap makhluk hidup di bumi ini pasti membutuhkan makan termasuk manusia. Namun sering kali kita melihat orang yang rakus sekali makannya, makan ini makan itu hingga perutnya penuh. Sebenarnya hal tersebut sangat tidak dsesuai anjuran nabi yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Selain itu terlalu banyak makan juga membuat kita menjadi malas belajar sehingga sehingga ilmu yang kita dapat lambat laun akan hilang.

3.    Taqwa dalam keadaan ramai atau sepi

Senjata orang muslim adalah taqwa, yang berarti mengerjakan segala amal yang diperintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT sesuai apa yang ada dalam Al-Quran. Taqwa dalam keadaan ramai maupun sepi di sini dapat diartikan bahwa kita tetap beribadah kepada Allah tatkala sedang bersama orang lain, maupun sedang sendirian. Taqwa yang kita lakukan semata-mata hanya karena Allah SWT, bukan karena orang lain. Dengan bertaqwa insyaallah ilmu kita kan senantiasa di jaga oleh sang maha pencipta Allah SWT.

4.    Menjaga Wudhu

Ada yang suka wudhu sebelum tidur? Nah, wudhu sebelum tidur selain menjaga kita dari mimpi buruk, ternyata juga menjaga ilmu yang ada di otak kita. Dengan berwudhu kita akan selalu dalam keadaan suci, sehingga otomatis kita akan menghindari sesuatu yang dapat membatalkan wudhu kita.
Wudhu juga membuat wajah kita segar dan aliran darah menjadi lancar sehingga suplai darah ke otak juga tidak ada gangguan. Otak yang bekerja dengan baik akan mampu mengolah data secara sempurna.

5.    Gosok gigi

Gosok gigi merupakan sebuah kebutuhan saat ini, orang yang mengerti akan kesehatan pasti menggosok giginya minimal 2 kali sehari. Pada zaman dahulu nabi Muhamad SAW selalu bersiwak atau gosok gigi, sehingga apabila kita rajin meggosok gigi, itu artinya kita juga menjalankan sunnah nabi.
Di lain sisi manfaat rajin menggosok gigi menurut ilmu medis yaitu mencegah penyakit gusi. Kalian tahu bahwa penyakit gusi menyebabkan disfungsi kognitif sehingga memicu munculnya penyaki alzhemer(Pelupa). Menurut para peneliti yang melakukan tes IQ pada orang dewasa menemukan bahwa, orang yang memiliki penyakit gusi memiliki nilai lebih rendah dibandingkan orang yang tidak meiliki masalah mulut. Jadi dapat dibuktikan bahwa menggosok gigi mampu menjaga ilmu yang ada di kepala kita.

Jadi sobat, sudahkah engkau melakukan hal-hal di atas? Jika belum mengapa kita tidak melakukannya mulai dari sekarang. Ilmu bukanlah batu bata yang ketika ditaruh dia akan tetap di sana, tapi ilmu adalah air yang akan merembes atau menguap apabila tak benar-benar dijaga. Trims


Blog, Updated at: 08:00

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia