Perbedaan Sinopsis dan Resensi yang Harus Kamu Ketahui

Posted by

Kalian suka membaca buku? Kalian suka menonton film? Jika iya, maka kalian tidak asing lagi dengan kata sinopsis dan resensi. Iya, sinopsis dan resensi adalah dua hal yang memiliki makna berbeda, namun sering dianggap sama. Berikut saya sajikan beberapa perbedaan antara sinopsis dan resensi.


1. Sinopsis beda isi dengan resensi

   Dari segi isi, sinopsis dan resensi sudah berbeda. Sinopsis berisi ringkasan isi dari sebuah buku atau novel. Meskipun berisi ringkasan, sebuah sinopsis tetap bisa mencerminkan isi sebuah buku dengan baik. Di sisi lain, resensi berisi ringkasan atau ulasan dari pembaca tentang identitas, isi, harga, kelebihan dan kekurangan suatu buku.

2. Semua buku ada resensinya, tetapi tidak semua buku ada sinopsisnya

   Hal ini masih berkaitan dengan isi. Resensi berisi ulasan suatu buku, sehingga semua buku bisa diresensi, termasuk buku pelajaran seperti buku mate-matika. Sedangkan sinopsis berisi ringkasan cerita, jadi hanya novel atau buku yang ada unsur cerita yang ada sinopsisnya.

3. Membuat resensi lebih menantang dibandingkan membuat sinopsis

  Tidak dapat dipungkiri bahwa menulis resensi itu tidak mudah. Peresensi harus menilai, menimbang, dan memberikan pendapatnya terhadap suatu buku, dan hasil resensi tersebut, nantinya akan menjadi titik acuan para pembaca yang ingin membaca buku tersebut. Berbeda dengan resensi, seorang pembuat sinopsis tidak perlu mengeluarkan pendapatnya tentang suatu buku, ia hanya perlu menceritakan kembali apa yang sudah ia baca, namun dalam bentuk lebih ringkas.

4. Sinopsis dan Resensi memiliki tujuan yang berbeda

  Sesuatu akan dianggap berbeda apabila memiliki tujuan yang berbeda. Misalnya gunting rambut dan gunting rumput adalah benda yang berbeda karena tujuan penggunaanya juga berbeda. Begitu pula dengan sinopsis dan resensi, dua hal ini memiliki tujuan yang berbeda. Sinopsis bertujuan meringkas sebuah buku, dengan mencatat poin-poin penting di dalamnya. Sedangkan resensi bertujuan untuk mengulas buku yang telah dibaca dengan memberikan pertimbangan tentang isi buku, kelebihan dan kelemahan buku, bahkan harga buku.

5. Resensi sangat subjektif, sedangkan sinopsis tidak

   Jika kita baca beberapa sinopsis buku yang sama dari orang yang berbeda, maka yang kita temukan adalah hasil yang tidak jauh berbeda. Para pembuat sinopsis akan membuat ringkasan sesuai buku yang dibacanya. Di sisi lain resensi adalah makhluk yang beda lagi jenisnya, ia sangat kental akan unsur subjektifitas pembaca. Boleh jadi sebuah buku sangat baik menurut si A, tapi biasa saja menurut si B, atau bahkan sangat buruk menurut si C.

Sekian artikel dari saya, semoga membantu.



Blog, Updated at: 13:53

2 komentar:

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia