7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Posted by

Menjadi mahasiswa merupakan impian hampir setiap anak di dunia. Citra mahasiswa sebagai kaum intelektual pembawa perubahan bangsa, serta memiliki kesempatan kerja yang jauh lebih luas menjadi alasannya. Sebelum kalian menerjunkan diri ke dalam dunia mahasiswa, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kebiasaan buruk mereka. Namanya saja kebiasaan buruk, tentu saja pengaruhnya buruk terhadap prestasi, baik akademik maupun non akademik. Berikut adalah kebiasaan buruk mahasiswa yang perlu kalian hindari.

1. Menunda-nunda

Kuliah tidak semudah kelihatannya, banyak sekali tugas-tugas dari dosen yang harus dikerjakan sesegera mungkin. Banyak di antara mahasiswa yang berpikiran untuk mengerjakan tugas ketika sehari atau bahkan beberapa jam sebelum deadline pengumpulan, akibatnya mereka akan keteteran sendiri. Tugas bagi mahasiswa adalah sebuah masalah yang akan membesar seiring lamanya pengerjaan. Jadi jika kalian menjadi mahasiswa, usahakan untuk segera mengerjakan apapun tugas dari dosen. Lebih cepat lebih baik.

2. Begadang

Begadang merupakan sebuah kenikmatan bagi mahasiswa. Entah itu menonton film, bermain game, atau hang out dengan teman-teman. Tetapi hal ini berakibat sangat buruk. Kalian akan bangun kesiangan, kelelahan, mengantuk selama pelajaran, dan rentan sakit. Menurut penelitian, begadang bisa menimbulkan beberapa penyakit diantaranya diabetes, obesitas, penyakit jantung, hingga kerusakan otak, maka sangat penting untuk menjaga siklus tidur anda dalam keadaan normal.

3. Copas tanpa sumber

Copas adalah akronim dari bahasa inggris copy-paste yang merupakan sebuah tindakan menyalin hasil karya orang lain ke dalam laporan, paper(makalah), atau tugas yang lainnya. Kebiasaan buruk mahasiswa adalah copas tanpa menyantumkan sumber, hal ini bisa dianggap sebuah pelanggaran hak cipta dan dapat dikenakan sanksi. Selain itu, copas juga mematikan daya kreativitas mahasiswa dalam menulis.

4. Boros

Mahasiswa juga sering disebut abg atau anak baru gede. Hal ini karena mereka belum bisa memanajemeni keuangan mereka sendiri. Banyak hal tidak perlu, yang menghabiskan banyak uang, misalnya membeli pakaian “bermerek”, makan di restoran mewah, dan lain-lain. Kebanyakan mahasiswa masih dibiayai oleh orang tua, jadi kebiasaan boros akan memberatkan mereka.

5. Bolos

Kebiasaan buruk berikutnya ialah bolos. Menurut KBBI, bolos adalah tidak masuk kerja, sekolah, dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa, bolos sangat berpengaruh pada bidang akademik. Indeks prestasi mahasiswa yang sering bolos tanpa izin atau tanpa TA(titip absen), biasanya kurang dari tiga. IP kurang dari tiga menyebabkan kehilangan hak untuk mengambil mata kuliah maksimal, sehingga menambah masa kuliah anda.

6. Terlalu aktif dalam organisasi

Berorganisasi merupakan hal yang penting juga ketika menjadi mahasiswa. Organisasi bisa meningkatkan softskill sekaligus menambah relasi atau teman. Tetapi tidak sedikit mahasiswa yang terlalu konsen dengan organisasinya sehingga kuliahnya menjadi terbengkalai. Ingat! tugas utama seorang mahasiswa adalah kuliah.

7. Menyontek saat ujian

Hancurnya sebuah bangsa adalah ketika orang-orangnya sudah tidak memiliki kejujuran dalam diri mereka. Menyontek merupakan tindakan tercela yaitu meniru hasil pekerjaan orang lain dengan atau tanpa izin. Tindakan tercela ini akan mengasilkan generasi yang korup di masa depan. Lihatlah pejabat yang ditangkap KPK(Komisi Pemberantasan Korupsi) saat ini, boleh jadi mereka adalah para pencontek ulung di masa mudanya. Menyontek benar-benar menjadi sebuah virus berbahaya dalam pendidikan. Hari ini banyak sekali orang yang menghalalkan menyontek, bahkan sebagian orang tua menyuruh anaknya melakukan tindakan tidak terpuji ini. Menyontek memilik dampak yang sangat luas dalam kehidupan seseorang, ia menjadi malas belajar sehingga pikirannya tidak berkembang. Selain itu, dalam agama menyontek adalah sebuah dosa, dan apabila hasil ujian kalian dari menyontek, bisa dipastikan ijazah kalian haram hukumnya. Sedangkan ijazah digunakan untuk melamar kerja, lalu bagaimana dengan gaji yang kalian terima? Pasti haram.

    Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan hampir setiap mahasiswa. Diharapkan dengan tulisan ini, kalian bisa menhilangkan satu persatu setiap kebiasaan buruk di atas. Memang membutuhkan waktu, tetapi selama kita berusaha pasti jalan akan terbuka dengan sendirinya. Selamat mencoba.



Blog, Updated at: 08:32

1 komentar:

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia