Manfaat Berorganisasi yang Dipandang Sebelah Mata

Posted by

Organisasi merupakan sebuah wadah bagi sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Organisasi memungkinkan beberapa orang dengan karakter yang berbeda, berpadu dalam sebuah tanggung jawab bersama. Melihat pengertiannya saja kita sudah tahu bahwa organisasi merupakan kegiatan yang bermanfaat. Berikut enam dari seribu manfaat berorganisasi, selamat membaca!


1.    Menambah Teman

Bayangkan bila kita punya seorang teman dan teman tersebut meperkenalkan kita pada temannya, kemudian temannya memperkenalkan kita kepada teman yang lain lagi, dan seterusnya hingga sepuluh kali. Maka kita sudah memiliki sepuluh teman dengan mudah. Nah, hal ini sangat mungkin terjadi ketika kita berorganisasi, teman anggota organisasi kita akan memperkenalkan kita pada teman sekelasnya misal, atau pada teman sekostnya, dan lain-lain, sehingga teman kita akan bertambah banyak secara otomatis.


2.    Memperluas relasi

Relasi atau hubungan dalam kehidupan sehari-hari sangat penting sekali. Naruto bahkan pernah berkata bahwa setiap orang yang bertemu akan membentuk sebuah ikatan atau hubungan. Semakin banyak orang yang kita temui dan akhirnya menjadi teman, maka semakin banyak pula tali-tali hubungan yang menjalar ke sana ke mari, yang akhirnya membentuk sebuah jaring yang luas. Jaring yang luas ini tentu saja sangat bermanfaat jika kita dalam suatu kesulitan. Jaring yang luas memungkinkan kita mendapat pertolongan di manapun kita berada.

3.    Meningkatkan softskill

Dalam berorganisasi tidak mungkin kita akan berdiam diri saja. Pasti suatu saat kita akan maju ke depan untuk speaking, menemui orang penting untuk lobbying, dan lain sebagainya. Maka tidak mungkin kita mengikuti sebuah organisasi namun softskill kita tidak meningkat.

 

4.    Meningkatkan percaya diri

Seringnya rapat, bertemu dengan orang-orang baru, dan presentasi di depan publik, membuat tingkat kepercayaan diri kita meningkat. Kita jadi lebih friendly, lebih santai, dan tidak gugupan dalam menghadapi situasi sulit. Kita menjadi lebih yakin akan kelebihan diri kita dengan berorganisasi.

 

 

5.    Melatih kreativitas

Melatih kreativitas? benar sekali. Dalam berorganisasi pasti akan muncul sebuah masalah, yang mana itu harus dipecahkan. Masalah yang datang bertubi-tubi dalam berorganisasi inilah yang melatih kreativitas kita. Kebiasaan berpikir akan membentuk dan melatih otak kita agar semakin cepat dalam memproses data. Sehingga ide-ide kreatif akan muncul dengan sendirinya ketika dibutuhkan.

 

 

6.    Positif

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa berorganisasi adalah kegiatan yang positif dan bermanfaat. Hampir semua orang-orang besar pernah melakukan dan bahkan masih melakukan kegiatan berorganisasi hingga saat ini. “Beroganisasi lebih baik dibandingkan kau mengurung diri di kamar yang sempit nan pengap, maka keluarlah, carilah sebuah organisasi(positif), masuk dan jadilah bagian di dalamnya.”

Berorganisasi mungkin dipandang sebelah mata bagi sebagian besar masyarakat kita, ngapain sih ikut gituan gak penting. Namun yang dipandang sebelah mata biasanya yang paling bermanfaat, termasuk berorganisasi. Lalu tunggu apa lagi, ayo berorganisasi!!


Blog, Updated at: 10:41

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia