Prosedur Pembuatan SIM C

Posted by

SIM merupakan singkatan dari Surat Izin Mengemudi yang dikeluarkan oleh kepolisian. SIM merupakan syarat wajib seseorang untuk bisa mengendarai kendaraan bermotor. Berikut saya paparkan prosedur bagaimana membuat SIM sesuai pengamatan saya di Polres Blora, Jawa Tengah. Mengingat masyarakat Indonesia semakin maju, dan pembuatan SIM melalui jalur cepat(Kongkalikong) sudah semakin sulit dilakukan, maka saya jelaskan saja bagaiman membuat SIM secara resmi.

Pertama, siapkan terlebih dahulu berkas-berkas seperti fotokopi KTP minimal 3 lembar, makanan dan minuman, gadget, istirahat yang cukup, latihan, dan mental tentunya.
Pergilah ke kantor Polres terdekat di kota anda, lalu pergilah ke bagian medical check up atau tes kesehatan. Di sini anda akan diukur tinggi badan, berat badan, tes color blind, dan ditanya seputar riwayat kesehatan anda. Biaya medical check up ini sekitar 40.000 IDR.
Langkah berikutnya, datanglah ke bagian loket pembuatan SIM. Berikan hasil tes kesehatan, dan dua lembar fotocopy KTP, lalu duduklah sebentar untuk menunggu panggilan.
loket pembuatan SIM

Setelah nama anda dipanggil, anda akan mendapat berkas atau formulir pembuatan SIM. Isilah formulir tersebut, dan serahkan pada bagian tes teori. Tunggulah beberapa saat hingga nama anda dipanggil bagian tes teori.
suasana tes teori

Dalam tes teori, anda akan dihadapkan pada sebuah layar yang menampilkan video animasi. Video animasi tersebut berisi peraturan-peraturan lalu lintas. Di meja tempat anda duduk tedapat dua tombol warna merah dan warna hijau. Tugas anda mudah, lihatlah video animasi di layar yang menampilkan seorang pengemudi dalam menghadapi situasi berkendara. Tekan tombol hijau jika yang dilakukan pengemudi tersebut benar, sebaliknya tekan tombol merah jika yang dilakukan pengemudi melanggar lalu lintas.
tombol salah-benar

Setelah selesai semua soal terjawab, nilai anda akan tampil di layar. Nilai yang tidak mencapai 21 harus rela keluar dari polres dan kembali lagi satu minggu kemudia. Mengingat tes ini tidak terlalu sulit, maka hampir semua peserta lolos, kecuali tiiiiiiiiit.
Setelah mengikuti tes dan anda dinyatakan lolos, anda harus menunggu lagi untuk tes praktek(Inilah gunanya anda membawa gadget, makanan, dan minuman). Setelah nama anda dipanggil, ambillah rompi bertuliskan ujian SIM yang ada di meja lalu berjalanlah ke halaman polres untuk mengikuti tes praktek. Di tes praktek ini, anda diwajibkan melewati jalan sempit sekitar 50 cm. Ada dua macam rintangan, yang pertama jalan zig-zag dengan sudut-sudutnya berdiri sebuah kayu dengan tinggi sekitar 50 cm juga. Yang ke dua jalan melingkar membentuk huruf delapan dengan pembatas kayu yang sama yang diletakkan di titik-titik tertentu.
Gambar Ujian Praktek

Peraturan tes praktek ini, peserta akan diberi contoh terlebih dahulu oleh penguji. Peserta harus melewati rintangan tanpa menjatuhkan kayu pembatas serta kaki tidak boleh menyentuh tanah. Peserta diberi kesempatan dua kali, jika gagal semua silahkan angkat kaki dari polres dan kembalilah tujuh hari kemudian. Karena itu saya sarankan latihan dan persiapan mental cukup terlebih dahulu sebelum melakukan tes ini.
Jika anda berbakat dan beruntung tentunya, anda akan lolos dalam tes praktek ini. Setelah lolos pergilah menuju bagian administrasi, bayar uang administrasi yang nominalnya saya tidak tahu. Lalu pergilah ke ruang foto, tunggu beberapa saat jadilah SIM. Selamat ya kamu berhasil.
Gambar SIM

Nb : Prosedur di atas saya dapatkan ketika mengantar saudara membuat SIM di Polres Blora(Prosedur, biaya, dan jenis tes mungkin berbeda di setiap daerah). Sayang sekali beliau gagal dalam tes prektek(sebenarnya semua peserta dalam hari itu tidak satu pun yang berhasil). Karena itulah saya tidak bisa menjawab dengan pasti berapa nominal pembayaran administrasi. Terima kasih atas kunjungannya.


Blog, Updated at: 01:00

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia